Kamis, 06 Oktober 2011

Membangun Keberanian dan Percaya Diri


Membangun keberanian dan percaya diri adalah keinginan setiap orang. Tetapi untuk sebagian orang, keberanian dan percaya diri perlu ada suatu ajaran khusus semacam kursus motivasi untuk membangunnya. padahal keberanian dan percaya diri adalah sesuatu yang sangat alamiah.

Nah, bagi kita yang perlu bantuan untuk meningkatkan keberanian dan percaya diri, atau bahkan ingin meningkatkan kualitas hal tersebut, maka ada beberapa cara yang harus kita ketahui tekniknya.

Sebelum masuk ke inti bahasan, ada baiknya kita mengenal apa itu keberanian dan percaya diri. Menurut pendapat saya, keberanian merupakan suatu sikap yang mampu menantang keterbatasan, keinginan yang ekstrim ataupun sikap ingin tahu yang di iringi dengan tindakan. Sedangkan percaya diri ialah sikap yang memahami akan kemampuan diri, mampu mengontrol emosi dan perasaan pada saat atau keadaan tertentu.
Mungkin kita memiliki defenisi yang berbeda tentang keberanian dan percaya diri, tetapi kita mempunyai keinginan yang sama, yaitu memiliki keberanian dan percaya diri yang berkualitas. :)

Langsung saja, menurut Prof. Robinson dalam "The Main In The Making" mengatakan rasa takut adalah perwujudan dari ketidaktahuan dan ketidakpastian. Lantas Dale Carnegie dalam bukunya "How To Win Friends And Influence People" : membangun keberanian dan percaya diri dapat dilakukan dengan persiapan. Menurutnya persiapan itu lebih dari penting akan hal-hal yang tidak kita sadari ketimbang membaca buku sebagai sebuah acuan atau referensi intelektual. Hal yang tidak kita sadari itu seperti: Memikirkan pikiran diri sendiri, mengembangkan prasangka-prasangka pribadi dan menghidupkan pengalaman asli dari diri sendiri. Kita tidak pernah menyadari bahwa itu adalah "Mutiara dari Dasar Laut" kita.
Tentunya dari setiap kita memiliki mutiara itu, tetapi kita tidak pernah menyadari akan kehadirannya atau bahkan mengacuhkannya? Sungguh ruginya kita. :(

Ada lagi nih, :) untuk meningkatkan keberanian dan percaya diri selain harus mempunyai persiapan, kita kudu punya yang namanya pemahaman tentang hal-hal yang mau kita lakukan. Singkat kata, kita harus bisa baca situasi. Hal ini dimaksudkan agar keberanian dan percaya diri kita tetap terjaga kualitasnya. Ya iya lah, kalo beraninya cuma berani-berani badak untuk apa? Seperti berani melawan orang tua, berani lompat dari gedung gak pake parasut dll... Kan gak penting. hahahaa :D

And the last, BERLATIH DAN BERLATIH! Siapapun kita pasti pernah mengalami demam panggung bahkan pembicara hebat sekalipun pernah mengalaminya. Untuk menumbuhkan keberanian dan rasa percaya diri, kita butuh pengendalian diri dan berkepala dingin. Hal ini bisa diperoleh hanya dengan berlatih, Dia harus!. Dengan latihan berulang kali terhadap penguasaan diri, kita bisa mengontrol kegugupan. Ini hanya masalah kebiasaan gan! :)
Jika seseorang memiliki sikap yang tepat dalam dirinya, dia akan berkembang lebih kuat dan semakin kuat seiring dengan latihan.

SEMOGA BERMANFAAT

Label